header-int

Seminar Nasional Fisika dan Terapannya (SENFIT) II 2019

Diposting pada 10 Oct 2019 oleh Ichsan Ridwan
Share
Seminar Nasional Fisika dan Terapannya (SENFIT) II 2019

Oleh Ade Agung Harnawan, S.SI., M.Sc.

Banjarbaru Program Studi Fisika FMIPA ULM mencoba mengkhususkan diri pada pengembangan potensi dan pemecahan masalah di wilayah Kalimantan.  Berdasarkan hal tersebut, dilaksanakan Seminar Nasional dengan harapan dapat memberikan kontribusi keilmuwan pada permasalahan daerah, yaitu Kalimantan secara khusus dan Indonesia secara umum. SENFIT (Seminar Nasional Fisika dan Terapannya) akhirnya menjadi puncak realisasi kegiatan Seminar Nasional yang telah digagas sebelumya.

Bersama dengan Himpunan Mahasiswa Fisika dan Alumni Fisika FMIPA ULM, acara SENFIT II sukses diselenggarakan pada Sabtu, 05 Oktober 2019.  SENFIT II dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP di Hotel Rodhita Banjarbaru. Dalam SENFIT II dilaksanakan pula Seminar Paralel untuk para pemakalah yang ingin mempublikasikan hasil penelitiannya. 

Peserta SENFIT II berjumlah 150 orang, yang berasal dari perguruan tinggi negeri seperti Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan, Universitas Mulawarman Samarinda, Institut Pertanian Bogor, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Universitas Islam Negeri Palangkaraya. Kegiatan ini didukung oleh PSI (Physical Society of Indonesia), PT. Adaro, Dinas ESDM Prov. Kalsel, PT. Metito Indonesia, UPTD Pelaihari. Peserta SENFIT II terbagi atas peserta pemakalah dan non pemakalah. Peserta pemakalah mempresentasikan makalahnya di seminar paralel yang dilaksanakan setelah seminar utama.

Seminar utama pada SENFIT II kali ini mengundang Keynote speaker Dr. Eng. Idris Mandang. M.Si.(Jurusan Fisika FMIPA Universitas Mulawarman, Samarinda, Fisika Komputasi dan Permodelan) sebagai pembicara satu, Dr. Eko Susilowati. M.Si. (Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin) sebagai pembicara dua.
Prof. Dr. rer. nat. Agus Rubiyanto, M. Eng. Sc. (Fakultas Sains ITS  Surabaya, Optoelektronika dan Aplikasi Dasar). sebagai pembicara tiga dan Dr. Ninis Hadi Haryanti, MS sebagai pembicara empat. Dengan tema seminar “Kontribusi Fisika dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam, Energi dan Lingkungan Menuju Revolusi Industri 4.0”.

Seminar paralel dibagi dalam 3 ruangan berdasarkan scoope. Ruang A Duvalia dengan scoope Fisika Teori dan komputasi, Instrumentasi, Kontrol dan Optoelektronika. Ruang B Ballroom dengan scoope Geofisika dan Pendidikan Fisika. Dan ruang C Ercilla dengan scoope Fisika Material, Fisika Medik dan Biofisika, Energi Lingkungan dan Lingkungan Lahan Basah. Makalah yang terpilih akan dipublish sebagai jurnal nasional pada Jurnal Fisika Flux (https://ppjp.ulm.ac.id)

Lampiran

PSI

PSI - Physical Society of Indonesia

Jl. Kembar Mas Barat no. 31 Bandung Indonesia

mail: psi@fisika.or.id

© 2019 Physical Society of Indonesia